Waduk Pondok Ngawi

Sejauh mata memandang hanya ada hamparan air dan warna hijau dari pepohanan sekitar waduk, keindahanannya yang menyejukkan mata membuat setiap orang yang berkunjung ingin datang lagi. Itulah yang akan kita lihat jika kita datang berkunjung ke Waduk Pondok, salah satu objek wisata air yang berada di kota Ngawi, tepatnya di Desa Dero, Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur dapat menjadi tempat tujuan wisata anda baik yang berada di kawasan Ngawi atau yang sedang berkunjung ke Kota Ngawi.

Objek wisata yang dikelola oleh Dinas Pariwisata Kota Ngawi ini, mulai dibangun sejak tahun 1993 – 1995, dengan luas waduk 32,90 km2 yang dapat menampung air 29 juta m3 sebagai pemasok irigasi air seluas 3.500 ha. Tipe bendungan ini, berdasarkan materi dan struktur bangunan diklasifikasikan sebagai urugan batu dengan inti tanah yang memiliki panjang puncak mencapai 298 meter, tinggi di atas dasar sungai 30,67 meter serta lebar puncak yang mencapai 8 meter
.
Dengan cukup membayar tiket Rp. 1000/org anda sudah bisa masuk ke kawasan Waduk Pondok ini, dan menikmati panorama alam yang indah, kita juga bisa menyebrangi waduk dengan menggunakan perahu kayu yang telah disediakan oleh para jasa penyewaan perahu yang ada disekitar waduk.
Selain untuk wisata keluarga, waduk pondok juga terkenal dengan surganya para pemancing, karena di sana terdapat berbagai jenis ikan seperti Patin, Tawes, Nila, Bandeng, Tombro, Udang dll. Selain memiliki berbagai jenis ikan di Waduk Pondok ini secara berkala juga diadakan lomba memancing yang banyak di ikuti oleh para mancing mania.
Hal yang menarik lainnya dari objek wisata air ini adalah masih dilestarikannya ritual atau upacara adat yang terkenal dengan Ritual Keduk Beji Waduk Pondok (Nyadran) di setiap bulan Syuro. Sedangkan asal mula pemberian nama Waduk Pondok itu sendiri berasal dari banyaknya pondok – pondok yang didirikan oleh para peziarah disekitar waduk yang ingin mengadakan tirakatan atau yang dikenal dengan sebutan “Ngalap Berkah” sebagai tempat peristirahatan.
Tidak hanya menyuguhkan panorama alam yang indah, di sana anda juga bisa menikmati kuliner masakan dari ikan patin, diantaranya Pepes Ikan Patin dan Ikan Patin Bakar dengan Sambel Kemanggi di Saung Bapak Hery, rasanya yang menggigit, membuat kita ketagihan untuk mencicipinya lagi.
Bagi anda yang ingin menikmati kebersamaan dengan pasangan anda, anda bisa menyaksikan  sunset di Waduk Pondok, yang tidak kalah indahnya dengan sunset di Pantai Kuta Bali :-), tentunya sambil menikmati hidangan patin bakar dan segelas teh hangat, atau dengan naik perahu. Di jamin moment itu tidak akan pernah terlupakan oleh anda dan pasangan anda.
Opps… satu lagi, bagi anda yang suka hunting tempat – tempat untuk pemotretan, anda bisa mencantumkan Waduk Pondok di daftar anda, apalagi untuk acara pemotretan Prewedding, wah dijamin romantis abis deh.. So… kami menunggu kedatangan anda di Waduk Pondok.. ;-) Let’s Enjoyed Visit Ngawi 2012 with Guide Wisata Ngawi, call me please Email : aniistiqomah@gmail.com.

3 comments:

Unknown mengatakan...

Jadi malu nich,,aseli ngawi by ndak pernah kesono..thanks infonya..lain x mo kesono ach.

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

okeh ditunggu om... kalo ngaku orang ngawi musti dan wajib datang ke waduk pondok :D jangan lupa cobain patin bakarnya :)

Posting Komentar