Penerimaan Siswa Baru Jalur PBUS 2012/2013 SMKN 1 NGAWI

Dalam memasuki era globalisasi diperlukan sistem pendidikan yang berkualitas untuk mampu mengikuti perubahan dan perkembangan zaman dengan penekanan pada aspek pengetahuan dan integritas kepribadian, sehingga menjadikan tamatan SMK Negeri 1 Ngawi memiliki kompetensi, sifat mandiri dan intelektual yang tinggi, serta etos kerja yang memadai.
I. Visi dan Misi SMK Negeri 1 Ngawi
Visi
Visi SMK Negeri 1 Ngawi adalah “Lulusan SMK Negeri 1 Ngawi yang cerdas, kompetitif dan berjiwa entrepreneur”
Misi
Untuk mewujudkan visi tersebut di atas, maka ditetapkan 4 (empat) misi, yaitu:
  1. Mewujudkan kebijakan mutu dan sasaran mutu SMK Negeri 1 Ngawi yang memenuhi persyaratan ISO 9001:2008.
  2. Meningkatkan efektivitas proses kegiatan belajar mengajar, aspek kompetensi, ujian dan sarana pembelajaran.
  3. Meningkatkan kualitas kerjasama dengan DU/DI yang mempunyai jaringan lebih luas.
  4. Mengembangkan program-program yang mampu memotivasi dan membangun nilai-nilai entrepreneur.
II. Penerimaan Siswa Baru
Mulai tahun pelajaran 2012-2013 SMK Negeri 1 Ngawi menyelenggarakan Penerimaan Peserta Didik Baru. Hanya mengacu pada mengacu pada satu jalur Penelusuran Bakat Unggul Sekolah (PBUS).
III. Tujuan Seleksi Jalur Penelusuran Bakat Unggul Sekolah (PBUS) SMK Negeri 1 Ngawi.
  1. Memperoleh “Bakat Unggul Akademis” melalui seleksi tes akademik siswa dengan sistem passing grade dan manajemen quota.
  2. Memperoleh “Bakat Khusus Non Akademik” dengan cara memberi skor sebagai penghargaan prestasi non akademik pada setiap event lomba atau melalui karya-karya monumental seperti yang tertera pada brosur ini (hal.3, B.I.6).
  3. Untuk mendapatkan kesesuaian kemampuan dan minat siswa dengan kompetensi keahlian yang dipilihnya.
  4. Sebagai upaya mengelola semua sumber daya sekolah secara efektif, efisien dan tepat sasaran (Mulyasa, E. 2007:138).
  5. Meningkatkan pencapaian mutu pendidikan (input dan output) dengan sistem pengendalian mutu, pengelolaan proses belajar mengajar dan pengelolaan kelas secara proporsional dan profesional (Ramayulis, 2005:193).
IV. SYARAT-SYARAT PENDAFTARAN
A. Ketentuan Umum
  1. Menunjukkan Raport asli dan menyerahkan fotocopy Raport Kelas VII (Semester 1 dan 2), Kelas VIII (Semester 1 dan 2), Kelas IX (Semester 1) masing-masing rangkap 1 (satu) dan dilegalisasi oleh Kepala Sekolah.
  2. Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan oleh Panitia dan dimasukkan ke dalam stopmap berwarna merah untuk Bidang Teknologi dan Rekayasa, serta Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi; dan ke dalam stopmap berwarna kuning untuk Bidang Bisnis dan Manajemen.
  3. Tinggi Badan minimal untuk semua kompetensi keahlian adalah 147 cm, tidak buta warna dan cacat fisik yang dapat membahayakan proses pembelajaran.
  4. Lolos tes fisik dan kesehatan yang diadakan oleh SMK Negeri 1 Ngawi.
  5. Menyerahkan pas foto 3 x 4 (hitam putih dan berwarna) masing-masing 2 (dua) lembar.
  6. Bagi yang memiliki Piagam Prestasi Non Akademik dan Lomba Akademik, dapat menunjukkan Piagam Asli dan menyerahkan fotocopy rangkap 1 (satu) di bawah ini (minimal juara 1 tingkat kabupaten):
  • Bidang Olahraga : Atletik, Sumo, Karate, Judo, Silat, Jiu Jitsu, dll. 
  • Bidang Akademik : Lomba Cerdas Cermat Ekonomi/Koperasi, Akuntansi, Perpajakan, Science/Sains, Olimpiade IPA/FISIKA, dll. 
  • Karya Seni Sastra : Setiap judul buku novel, cerita fiksi, naskah drama/fiksi, atau buku cerita bergambar (komik), dll. 
  • Seni Desain Komunikasi Visual : Setiap judul film/sinetron/wayang atau company profile berdurasi minimal 15 menit, 2 (dua) judul lagu rekaman (kaset, CD/VCD), 2 (dua) baliho poster seni, dll. 
  • Seni Busana, 5 kreasi busana yang berbeda dan diperagakan. 
  • Seni Pertunjukan: Setiap pementasan teater/drama, tari, sendratari, atau ensambel musik dengan durasi minimal setengah jam, seni pidato Bahasa Inggris, pidato Bahasa Mandarin, pidato Bahasa Jepang, dll. 
  • Karya Sains/Teknologi Tepat Guna yang berbasis Komputer: Program Aplikasi Komputer, Alat/Mesin yang bermanfaat untuk pendidikan dan masyarakat, dll.
B. Tata Cara Pendaftaran Dan Seleksi :
  1.  Pendaftaran dilakukan sendiri oleh peserta yang bersangkutan ke SMK Negeri 1 Ngawi. 
  2. Menyerahkan formulir  pendaftaran yang telah diisi lengkap beserta dengan foto 3 x 4 cm yang ditandatangani oleh peserta dan orang tua kepada petugas pendaftaran. Dengan kelengkapan berkas sebagai berikut:
  • Surat keterangan lolos tes kesehatan yang dilakukan oleh Tim Dokter yang bekerjasama dengan SMK Negeri 1 Ngawi. 
  • Menunjukkan dan menyerahkan fotocopy Raport Semester 1 s.d. Semester 5 yang sudah dilegalisir oleh Kepala Sekolah. 
  • Selanjutnya petugas pendaftaran mengecek kelengkapan berkas pendaftaran dan mencatat data tersebut pada buku pendaftaran. 
  • Petugas Pendaftar memberikan nomor dan kartu peserta tes serta menerima uang pendaftaran. 
  • Pendaftaran ditutup tanggal 14 Maret 2012 pukul 14.30 WIB.f. Biaya pendaftaran dan seleksi sebesar Rp 30.000,00 (Tiga puluh ribu rupiah).
3. Bidang Studi Keahlian yang dibuka di SMK Negeri 1 Ngawi adalah :
NO
BIDANG STUDI KEAHLIAN
KOMPTENSI KEAHLIAN
KODE
JUMLAH PAGU
1
Teknologi dan Rekayasa
Teknik Elektro Industri
1192
64
2
Tek. Informasi dan Komunikasi
T. Komputer Jaringan
2063
64
3
Bisnis dan Manajemen
Administrasi Perkantoran
6045
64


Akuntansi
6018
64


Marketing (Pemasaran)
6054
64


Jumlah

320


C. Tempat Dan Waktu Pendaftaran
  1. Tempat Pendaftaran                                 : DI SMK NEGERI 1 NGAWI, Jl. Teuku Umar No. 10 Ngawi.
  2. Pengambilan Formulir                            : 5 Maret s.d. 12 Maret 2012 (Secara Kolektif maupun datang sendiri ke SMKN 1 Ngawi)
  3. Bimbingan Pilihan Komp. Keahlian   : 5, 7, 9 10, 12 Maret 2012
  4. Pendaftaran *)                                            : 7 s.d. 14 Maret 2012
  5. Pelaksanaan Test                                       : Minggu, 6 Mei 2012

Gelombang
Waktu
Materi Test
I
07.30 09.30
1. Test kemampuan akademik
Bahasa Inggris (Listening dan Reading)
II
10.00– 12.00
2. Test kemampuan
akademik Matematika (kemampuan dasar matematika kelas VII, VIII dan IX)
III
dst
12.30– 14.30



6. Pengumuman Hasil Tes                        : 9 Juni 2012
7. Daftar Ulang                                       : 9 s.d. 14 Juni 2012
8. Pembagian Gugus                               : 7 Juli 2012
9. Pelaksanaan MOS                              : 9 s.d. 14 Juli 2012

(Apabila ada perubahan jadwal akan diberitahukan lebih lanjut)
D. Syarat-syarat lain yang belum jelas bisa ditanyakan di tempat pendaftaran.
*) Masih boleh mengambil formulir dan langsung mendaftar.

0 comments:

Posting Komentar